kisah magang dihari ke-2

Well, hari kedua tanggal 5 Oktober 2010 persisnya.. Karena tak ingin terlambat, hari ini kami pergi ke tempat magang sedikit lebih awal dari kemarin.  Dan kami sudah menyiapkan bahan-bahan materi yang akan kami sampaikan dari tadi malam sehingga pagi ini kami tidak begitu repot untuk print dan tranparasi kertas materi lagi. Memang sedikit repot untuk masalah penyampaian materi di sekolah ini tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat kami berdua untuk tetap mengajar. ^_^

Hari ini keberangkatan kami ketempat magang sedikit lebih terasa lebih panjang karena angkutan yang kami naiki ternyata tidak berhenti di terminal berikutnya sehingga kami harus berjalan lebih jauh untuk mendapatkan angkutan yang dapat membawa kami ke terminal Majalaya. (T_T)…  Soo.. kami pun datang ke tempat magang sedikit terlambat lagi.. HEHE…

Sesampai di sekolah SMA Plus Islam Pacet, kami sudah di tunggu oleh Bu Ratna Sebagai Kepala Sekolah disana, ia pun membawa kami untuk berkenalan kepada seluruh siswa di sekolah itu. Dan memberikan kami wewenang untuk memasuki ruang Lab TIK dan memulai untuk menyiapkan bahan materi yang akan kami sampaikan hari ini.

Kami pun memulai pembelajaran dengan memberikan materi-materi yang ingin kami sampaikan. Kami memberikan bayangan kedepan yang akan dapat mereka lakukan bila mereka dapat menguasai salah satu pembelajaran. Kami menunjukkan beberapa contoh project yang telah kami buat dan kami siapkan sebagai gambaran untuk mereka. Wuiiihh.. seruuu deh pokoknya… ^_^…  apa lagi siswa –siswi disana terlihat sangat antusias dan sangat bersemangat mendengar materi penyampaian kami.  Dan ada juga siswa yang terihat sangat penasaran dan tidak sabar untuk mencoba pembelajaran yang kami berikan itu. Sabar dulu ya dek…  belajarnya satu-satu dunk (^_^)

Khusus hari ini kami mengajar kelas 2 dan kelas 3 mengingat jam dan waktu mengajar kami di sekolah ini semakin sedikit bila kami mengulur waktu pembelajaran kami.  Dan Setelah kami menyampaikan materi yang kami berikan kepada siswa selesai, sementara mengisi waktu kami pun melakukan kegiatan Tanya jawab tentang materi yang kami berikan tadi dan beberapa diskusi lainnya dengan tujuan agar kami lebih dekat dengan para siswa disana dan dapat beradaptasi dengan mereka. Dari perbincangan yang kami lakukan, kami baru mengetahui bahwa pembelajaran TIK di sekolah ini hanya sebatas teori dan hampir 80% pembelajaran dilakukan didalam kelas. Sehingga banyak siswa yang kurang meminati pembelajaran TIK di sekolah ini. Pembelajaran yang dilakukan selama  ini dikarena keterbatasan sarana pada sekolah ini sehingga pembelajaran hanya dilakukan didalam kelas. Ck..Ck.. Sulit dipercaya.. (T_T) tetapi masih ada beberapa anak yang terlihat masih punya semangat untuk belajar TIK di sekolah ini.

Di SMA Plus Islam Pacet, jam sekolah dimulai dari pukul 07.00 sampai pukul 12.15 siang tetapi karena hari ini kami harus menyampaikan materi dan pengenalan program yang ingin kami sampaikan besok, akhirnya jam pembelajaran kami tambah hingga pukul 14.00 siang. Demikian kisah kami saat magang hari ini… (^_^) terima kassiiiih…!!!

By : Fiona Rosyida (^_^)

Leave a comment